Khasiat Madu Lebah untuk Kesehatan

Advertisement


Sudah menjadi rahasia umum, bahwa madu alami yang dihasilkan lebah merupakan bahan makanan yang enak dan sangat baik untuk kesehatan Bahkan dalam Al-Qur’an pun telah disebutkan bahwa madu memiliki banyak khasiat untuk pengobatan dan kesehatan. Sayang sejak pengobatan modern mulai megambil peranan mayor di peradaban modern, manusia yang dulu sangat bergantung pada madu dalam hal pengobatan mulai beralih ke pengobatan modern yang banyak menggunakan obat-obatan kimia yang dibuat di pabrik. Padahal alam telah menyediakan bahan-bahan ajaib untuk pengobatan dan kesehatan seperti madu ini. Khasiat madu lebah untuk kesehatan sangat banyak sekali, dari mulai sebagai obat sakit luar, hingga sebagai suplemen penyegar tubuh agar tetap fit dan prima.

Glukosa dan enzim dalam madu sangat bermanfaat dalam membantu penyembuhan luka luar dan borok. Sejak dahulu kala madu dari lebah ini telah menjadi obat utama dalam menyembuhkan luka-luka luar dan borok. 

Selain sebagai obat luka, madu ini ternyata juga berguna untuk menjaga kehalusan kulit. Kandungan asam glukonat dan asam organic ringan dalam madu berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta memperlambat proses penuaan pada kulit tubuh kita.

Madu juga memiliki khasiat lain sebagai penurun kadar glukosa dan kolesterol dalam darah kita. Meski rasanya lebih manis dari gula, madu memiliki kadar glisemik yang rendah, karena diserap secara bertahap oleh darah. Hal ini membuat madu sangat baik untuk dijadikan pemanis alternative pengganti gula yang mengandung resiko diabetes. Namun dengan catatan madu yang anda konsumsi adalah madu asli tanpa campuran gula. Karena saat ini, banyak dijual di pasaran madu dengan campuran gula.

Kadar antioksidan yang sangat tinggi juga ditemukan dalam kandungan madu. Antioksidan yang disebut pinocembrin bahkan hanya terdapat dalam madu. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh anda dalam mencegah radikal bebas.

Banyak sekali khasiat madu lebah untuk kesehatan, akan terlalu banyak dan bertele-tele jika semuanya penulis bahas di sini. Untuk itu cukup beberapa hal tadi saja khasiat madu yang penulis bahas, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua.baca juga artikel mengenai manfaat kulit manggis.

Advertisement