tips dan cara mudah budibaya ikan lele

cara yang tepat untuk memulai budidaya ikan lele.

buat anda para petani di suatu daerah dan ingin mencoba untuk membuka budidaya memelihara ikan lele.
perlu di perhatikan bebderapa tipsnya.
langkah langkah untuk memulai budidaya ikan lele.

A. Mengenali Ikan Lele
Untuk Budidaya Ikan Lele, sebaiknya kenalilah jenis-jenisnya, habitatnya, makanan & tata cara perawatannya.

B. Perisapan Kolam Ikan lele
Di dlm budidaya ikan lele memerlukan kolam yg ideal. Kolam ikan lele yg tdk memenuhi persyaratan akan berakibat buruk utk kelanjutan budidaya ikan lele, kolam haruslah disesuaikan dgn kebutuhan, apakah utk segmen pembenihan atau segmen pembesaran, demikian juga dgn jenis kolamnya, kolam tanah, kolam semen atau kolam terpal, ukuran kolam juga harus diperhatikan agar dpt disesuaikan dgn kisaran tebar ideal yg biasanya berkisar 100 s/d 120 ekor/m2.
budidaya ikan lele
C. Persiapan Air Kolam
Hal yg butuh di perhatikan dlm budidaya ikan lele yaitu persiapan air kolam. Persiapan ini dapat harus & bertindak sangatlah utama, lantaran banyak penyakit & tingginya angka kematian ikan lele yg pemicunya lantaran keadaan air yg tdk penuhi prasyarat, umpamanya PH airnya, banyak entrepreneur ternak ikan lele cuma hanya tahu saja bahwa PH yg baik utk ikan lele yaitu pada 7 s/d 8, namun tdk mengaplikasikannya. Hal semacam ini sangatlah merugikan, terutama dlm usaha budidaya ikan lele, janganlah menyebar benih ikan lele dgn keadaan PH yg belum penuhi prasyarat, baiknya pakai alat pengukur PH supaya pas. Lantaran PH-nya pas jadi Sekali ikan lele bakal terasa nyaman & sesuai sama dgn keperluan hidupnya dgn melakukan persiapan air kolam dengan cara benar shg ikan lele bisa tumbuh & berkembang sesuai sama dgn tujuan produksi.
D. Tata Langkah Pemberian Pakan Ikan Lele
Tata langkah pemberian pakan ikan lele di budidaya ikan lele janganlah dikira sepele, lantaran pemberian pakan ikan lele yg salah dapat menyebabkan pemborosan & dapat pula bikin ikan lele jadi mati. Bila ada saat, silahkan singgah utk tahu tata langkah pemberian pakan di artikel 'cara pemberian pakan ikan lele'.
type budidaya ikan lele
1. Budidaya Iklan Lele Untuk Pembibitan
Hal yang butuh di ketahui apabila mau membudidayakan ikan lele, spesial pada bagian pembibitan yaitu waktu pemijahan serta penetesan telur lele. Sesudah menetas bibit ikan lele bisa di jual pada peternak lain untuk di besarkan atau dipelihari kembali sampai besar. Lantaran bibit lele segera dapat di jual saat menetas, hingga adalah salah satu kesempatan usaha yang cukup menjanjikan.
Penyediaan bibit ikan lele dengan ukuran 2-3 cm bisa terwujud saat umur penetasan telah meraih satu bulan. Biasanya pemeliharaan bibit dikerjakan di kolom berlumpur atau sawah yang membutuhkan tempat yang relatif lebih luas. Namun pemeliharaan bibit ikan lele juga sesungguhnya dapat dikerjakan di kolam terpal, walau hal semacam ini tak dapat dilukan dalam jumlah polulasi bibit yang terlampau besar. Supaya bibit ikan lele cepat besar saat memiliharanya pada kolam terpal, jadi hal yang perlu dikerjakan yaitu memberi makanan berbentuk pelet yang cukup sehari-harinya.
Untuk jadikan bibit ikan lele sampai ukuran 5-7 cm, jadi butuh saat sampai 2 bln.. Sesudah bibit meraih ukuran ini, jadi sejatinya telah dapat di jual juga sebagai bibit yang menghadirkan keuntungan untuk peternak.
2. Budidaya Ikan Lele Untuk Konsumsi
Lele untuk kepentingan mengkonsumsi bisa dipelihara saat meraih ukuran 5-7 cm. Ukuran bibit yang semakin besar, bakal tambah baik juga untuk dibudidayakan. Supaya panen berjalan dengan cepat, yakni seputar 3-4 bln. saat budidaya, jadi ikan mesti di beri makanan ekstra serta maksimal. Budidaya ikan lele untuk mengkonsumsi dinilai cukup gampang, karena ikan dengan ukuran semakin besar bakal lebih tahan pada penyakit.

itulah postingan mengenai langkah-langkah dan cara yang tepat untuk memulai budidaya ikan lele.
baca juga : ucapan valentine 2014 dan harga toyota 2014